Para Gurukula Pemberani Berjelajah di Tanah Vraja

Gurukula di Vraja

Gurukula di Vraja

Kehidupan sebagai seorang murid ( Brahmacari) adalah masa dimana kita bisa menimba pengetahuan dan pengalam sebanyak banyaknya. Meskipun ini kemungkinan sangat sulit, tetapi kesulitan ini akan membawa kita ke dalam kehidupan yang sebenarnya dan mempersiapkan kita untuk menghadapi kehidupan mendatang yang akan kita jalani. Seorang murid yang sejati selalu bersemangat untuk menerima pengetahuan dari seorang guru di dalam berbagai situasi. Kadang kadang mereka akan ditempatkan di dalam situasi yang nyanman dan kadang kadang di dalam situasi yang sangat sulit, tetapi di bawah bimbingan guru yang berpengalaman, mereka akan mengambil semua ini sebagai sebuah tantangan untuk menambah ilmu. Dengan vidya yang mereka dapatkan di dalam kehidupan brahmacari, mereka akan mampu untuk menjalani kehidupan masa depan mereka masing masing.

Berbicara tentang Vidya, Vidya berarti pengetahuan yang memberitahu kita siapa sebenarnya diri kita, apa kedudukan dasar kita, apa hubungan kita dengan tuhan dan akan memberikan bimbingan kepada kita untuk mencapai tujuan hidup manusia yang sejati yaitu mencintai kepribadian tuhan yang maha esa ( Krsna Prema). Menurut sastra, ada dua jenis Vidya, yang satu berkecimpung di dalam pengetahuan rohani ( para vidya) dan yang lainnya berkecimpung di dalam pengetahuan material ( apara vidya). Keempat Veda, Rg Veda, Sama Veda, Yajur veda dan Atharva Veda beserta dengan bagian bagiannya seperti siksa, kalpa, vyakarana, nirukta, chanda, dan jyotisha, semuanya berada di bawah katagori system pengetahuan yang lebih rendah yaitu pengetahuan material (apara vidya). Srimad Bhagavatam, Bhagavad Gita dst berada di bawah katagori pengetahuan yanglebih tingi yaitu pengetahuan rohani [ara vidya]. Dengan para vidya, seseorang bisa mengerti aksara – Brahman atau kebenaran yang mutlak. Kedua jenis pengetahuan ini diperlukan oleh seseorang selama mereka berada di dunia material ini dengan perkecualian roh roh yang bebas yang mengambil kedudukan sebagai avadhuta seperti Rsabhadev, sukadev gosvami dll. Untuk yang lain, khususnya mereka yang masih terikat di dunia material ini, kedua jenis vidya ini mempunyai peranan yang sangat penting di dalam kehidupan mereka. Para-vidya tanpa apara vidya secara umum akan sangat sulit sekali untuk diterapkan dan apara vidya tanpa para vidya hanya merupakan avidya atau keodohan. Semaju apapun seseorang di dalam pengetahuan material, tanpa seseorang mengetahui tujuan hidup yang sejati, maka mereka masih diangap sebagai orang bodoh. Jadi, kita mungkin mengajar berbagai materi seperti matematik, astronomi, geography, fisika, kimia, dan bahkan ilmu kedokteran sekalipun seperti yang di ajarkan di dalam rumah jagal yang mengatas namakan diri sebagai sebuah sekolah, hanya akan menciptakan orang bodoh kelas satu, orang bodoh kelas dua dan seterusnya. Karena itu untuk membuat seseorang benar benar terpelajar, selain pengetahuan material ini, kita perlu untuk mengajarkan para vidya, pengetahuan rohani, pengetahuan tentang sang diri dan tuhan.

Pengertian yang sejati kedua vidya ini akan bisa dengan mudah di resap jika para murid memberikan waktu sepenuhnya dan perhatian yang cukup untuk mempelajari pengetahuan tersebut dari sejak dini seperti yang di ajarkan oleh Sri Prahlada maharaj di dalam Srimad Bhagavatam “ kaumaram acaret prajno dharman bhagavatan iha”. Selain itu, para murid hendaknya selalu berada di sekelilinag lingkungan yang mendukung seperti pola hidup yang cocok dan alami, dikelilingi oleh teman teman yang mempunyai semangat dan tujuan yang sama, selalu berada di bawah bimbingan guru, sepenuhnya mendapatkan pergaulan guru dan tingal menetap di sekolah untuk menghindari hubungan yang tidak perlu dan tidak di inginkan dengan orang luar. Beberapa hal lain lagi yang sangat pentingdi dalam proses menerima pengetahuan yaitu seseorang harus mempunyai sikap pelayanan keapada guru, selalu siap untuk melakuka berbagai pelayanan kepada guru, selalu tunduk dan menerima pengetahuan tidak seperti barang yang bisa di beli melainkan sebagai berkat yang diberikan oleh seorang guru. Sistem pendidikan seperti ini hanya bisa diterapkan di dalam sistem pendidikan traditional di dalam sistem veda yang di sebut Gurukula. Ini sudah pasti tidak bisa di tetapkan di dalam system pendidikan modern yang secara umum beradad di kota kota besar dimana para murid hanya meluangkan beberapa bagian dari waktu mereka untuk belajar dan bergaul dengan guru di berbagai sekolah mereka. Lebih lebih lagi guru merasa berkewajiban untuk mengajar hanya karena uang dan dalam berbagai hal, tidak ada rasa kasi sayang yang bertimbal balik antara guru dan murid. Karena itu system gurukula sangatlah penting untuk mencetak seseorang menjadi orang yang terpelajar.

Saat ini kita telah benar benar kehilangan tempat pendidikan yang mulia ini karena itu kita sangat memerlukan keberadaan tempat seperti itu untuk kemakmuran dunia. Atas karunia srila Prabhupada, beberapa murid dan pengikut beliau telah bekerja dengan sangat keras untuk mengembalikan keberadaan system pendidikan tersebut. Pada saat ini, di ISKCON, kita mempunyai beberapa tempat seperti itu dan salah satunya adalah gurukula yang berada di bawah binaan H H Bhakti Vidya Purna Maharaj yang terletak di Sri Dhama Mayapur, tempat kelahiran Sri Caitanya Mahaprabhu, inkarnasi tuhan yang sangat menakjubkan di jaman kali ini. Untuk mendidik para gurukuli secara mental dan spiritual, hampir setiap tahun mereka akan mengadakan perjalan di Vraja Dham. Tahun ini mereka telah mulai parikrama sejak satu bulan lalu. Mengambil berbagai resiko dan mengabaikan kenyamanan badaniah, mereka mengadakan perjalanan mengelilingi tanah Vraja setiap hari selama satu bulan lebih, berjalan kaki setiap hari sepanjang minimal 15 km dan kadang kadang lebih dari 25 km dalam satu hari. Meskipun saya pribadi mengikuti perjalan bersama mereka hanya unutk beberapa hari, saya merasakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat menarik dan memberikan pengalaman dan wawasan yang sangat luar biasa di sekeliling para gurukula tersebut. Karena telah dididik dengan sangat baik di bawah bimbingan maharaj, mereka menjalani kehidupan dengan sangat sederhana dan selalu bekerjasama di dalam berbagai situasi.

Selalu tergantung pada karunia Krsna, untuk makanan mereka,mereka hanya tergantung dengan makanan yang di dapatkan dengan madhu kari ( meminta minta) ke rumah rumah para vraja vasi yang mereka lewati setiap hari. Mengikuti system formal sebagai seorang murid, beberapa gurukuli keluar untuk melakukan madhu kari dan membawa apapun yang mereka dapatkan ke tempat di mana mereka istirahat, mempersembahkan semuanya kepada guru mereka kemudian atas seijin guru, mereka semua akan membagi bagi persad hasil madhu kari tersebut. Kadang kadang saat istirahat, mereka harus menimba air dari dalam sumur untuk mandi dll. Saat mereka akan mandi, beberapa gurukuli yang lebih besar akan membantu gurukuli yang masih anak anak untuk menimba air dari dalam sumur dan memeberikan kesempatan kepada mereka untuk mandi terlebih dahulu. Kadang kadang juga, di suatu tempat mereka akan di undang untuk memasak oleh para vraja vasi dan akan di sediakan segala bahan masakan seperti beras, sayur sayuran, dhal dll. Ketika mereka memasak, selain yang berada dalam keadaan sakit, semuanya sangat sibuk untuk melakukn pelayanan seperti mengumpulkan kayu bakar, memotong sayur, mencuci bahan masakan dsb. jika ada yang sedang sakit, gurukuli yanglainya akan berusaha membantu mereka di bawah bimbingan dari guru sesuai dengan kemampuan mereka. Selain semua program ini, setiap hari di sore hari, Priti vardhana prabhu, salah satu dari guru di gurukula, memberikan pelajaran “ harinama cintamani” dan mendidik mereka untuk mengingat kembali pelajaran yang telah berlangsung hari hari sebelumnya. Dengan mengadakan perjalanan di Vraja, mereka di harapkan untuk mendapatkan pengalaman untuk hidup dengan sangat sederhana, dan selalu tergantung pada karunia krsna dan juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengetahui berbagai tempat di mana Krsna melakukan kegitan beliau.

Untuk perkembangan masyarakat ISKCON lebih lanjut, kita benar benar memerlukan lebih banyak tempat tempat seperti ini, dimana kita bisa mendidik generasi muda di dalam berbagai ilmu pengetahuan di seluruh dunia sehinga mereka akan mampu untuk melanjutkan misi Srila Prabhupada untuk membangun berbagai comunitas yang berdasarkan system varnasrama dharma sesuai dengan waktu, tempat dan keadaan. Karena ini, saya secara pribadi memohon kepada para pembaca supaya berkenan untuk ikut serta di dalam proyek mulia untuk mengembangkan system pendidikan gurukula ini dengan memberikan bantuan di dalam berbagai bentuk kepada mereka yang berusaha untuk bekerja di dalam hal ini seperti gurukula di mayapur yang berada di bawah H H Bhakti Vidya purna maharaj dan beberapa tempat lainya yang mungkin akan muncul. Paling tidak berkenan untuk berdoa bersama sama kepada tuhan Sri Krsna semoga siapapun yang berusaha untuk mengembangkan system gurukula ini, supaya semua vaisnava, guru dan gauranga akan berkenan untuk memberikan berkat dan karunia mereka kepada penyembah penyembah tersebut dengan demikian mereka akan mampu melayani Srila Prabhupad.

H H Bhakti Vidya Purna maharaj Ki jay

Srila Prabhupada Ki jay

Mayapur gurukula Ki kjay

Sri Vraja Dham parikrama Ki jay

****HARE KRSNA****

One comment on “Para Gurukula Pemberani Berjelajah di Tanah Vraja

  1. hari says:

    yeah, they looks so……..Krsna Consciousness mmmm…The only way to make our society peaceful is by Daivi Varnasrama. educate our youth to Vedic knowledge. at present they are more mess the society. it is true. do some think mess think them self cool to get attention of girl. i am part of that before, n still some of it are in my heart due to my lack of spiritual education in child. so we should propagate this knowledge. FROM THE CHILD STATE OF LIFE. GOURANGA!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s