Misteri Kemunculan Sri Krishna

Krishna and Balarama

Krishna and Balarama

Untuk membahagiakan rekan-rekan kesayangan-Nya, dan bahkan untuk memikat Diri-Nya Sendiri dengan berbagai jenis kegiatan menyenangkan yang menakjubkan, Sri Krishna terwujud di Vraja.

Oleh karena rasa kasih sayang orang tua dari raja dan ratu Vraja tiada bandingannya, Sri Krishna senantiasa menganggap Diri-Nya sebagai putra mereka.

Di masa lalu beberapa penyembah mengatakan bahwa Tuhan muncul dalam aspek-Nya  sebagai Vasudeva di rumah Maharaja Vasudeva, dan pada saat yang sama muncul dalam bentuk Krishna yang asli  di desa Vraja. Dengan cara demikian penyembah-penyembah ini menyatakan bahwa Sri Krishna dan Yogamaya merupakan anak Yasoda yang kembar di Vrajabhumi
Maharaja Vasudeva tiba di Vrajabhumi, dan ketika beliau memasuki ruang bersalin Yasoda-devi, beliau hanya melihat puteri Yasoda. Beliau mengambilnya lalu kembali ke Mathura. Ekspansi Vasudeva yang dibawa Maharaja Vasudeva, memasuki raga Sri Krishna, yang baru saja lahir sebagai putera Yasoda. Dengan demikian dua bentuk Vasudeva dan Krishna itu menjadi satu.
Oleh karena lila ini amat rahasia, maka lila itu tidak dikisahkan dalam Srimad Bhagavatam. Namun demikian, Sukadeva Gosvami dan penyembah-penyembah agung lainnya telah menguraikannya secara tidak langsung dalam tulisan-tulisan mereka.

[Srila Rupa Goswami terus mengutip empat sloka dimana Sukadeva Goswami menguraikan Sri Krishna sebagai putera Nanda Maharaja: Bhag. 10.5.1; 10.6.43; 10.9.21; dan 10.14.1]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s