Maha Mantra Hare Krishna

HARE KRISHNA HARE KRISHNA
KRISHNA KRISHNA
HARE HARE
HARE RAMA HARE RAMA
RAMA RAMA
HARE HARE



Apa itu mantra? Dalam Bahasa Sanskerta, man berarti “pikiran” dan tra berarti “membebaskan”. Jadi sebuah mantra adalah kombinasi suara rohani yang mampu membebaskan pikiran dari kecemasan hidup di dunia material yang fana ini.
Literatur Veda India-purba menyebutkan satu mantra sebagai maha-mantra (mantra tertinggi). Kitab Kali-santarana Upanisad menjelaskan, “Enambelas kata ini – Hare Krishna, Hare Krishna, Krishna Krishna, Hare Hare, Hare Rama, Hare Rama, Rama Rama, Hare Hare – secara khusus diperuntukkan guna menangkal pengaruh buruk zaman pertengkaran dan kecemasan saat ini (Kali-yuga).”
Kitab Narada-pancaratra menambahkan, “Semua mantra dan proses realisasi-diri telah terkandung di dalam maha-mantra Hare Krishna.”

Kata Krishna berarti “yang maha-memikat”, kata Rama berarti “yang maha-membahagiakan”, dan kata Hare adalah panggilan kepada energi bhakti Tuhan. Jadi maha-mantra berarti, “Oh Tuhan yang maha-memikat dan maha-membahagiakan, mohon menyibukkan hamba dalam bhakti kepada-Mu.”
Vibrasi rohani yang tercipta melalui pengucapan maha-mantra Hare Krishna ini dapat membangkitkan Kesadaran Krishna kita. Sebagai roh atau jiwa yang bersifat spiritual, pada awalnya kita semua adalah insan-insan yang sadar akan Tuhan, Krishna. Akan tetapi, akibat kontak dengan alam material sejak waktu yang tidak dapat diingat lagi, kesadaran kita kini sudah tercemar oleh atmosfer material. Dalam keadaan hidup yang tercemar ini kita semua berusaha mengeksploitasi sumber-sumber alam material dengan berbagai cara, baik secara halus maupun kasar. Namun, sebenarnya kita hanya menjadi semakin terjerat dalam kompleksitas alam ini. Ilusi ini disebut maya, atau perjuangan keras bertahan hidup untuk menaklukkan hukum-hukum alam material. Ilusi berupa perjuangan keras ini dapat segera dihentikan dengan cara membangkitkan kembali kesadaran Krishna kita.
Kesadaran terhadap Krishna bukanlah sesuatu yang dibuat-buat, yang diterapkan pada pikiran. Kesadaran terhadap Krishna adalah energi asli para jiwa atau makhluk hidup. Ketika kita mendengar vibrasi rohani ini, kesadaran kita terhadap Krishna terbangkitkan kembali. Proses ini juga dianjurkan oleh para otoritas untuk realisasi-diri pada zaman saat ini. Melalui pengalaman nyata, kita juga dapat melihat bahwa dengan mengucapkan maha-mantra ini, atau “nyanyian agung untuk mencapai pembebasan (moksa)”, seseorang dapat segera merasakan kebahagiaan yang berasal dari tataran spiritual, yang berbeda dengan kebahagiaan atau kegembiraan biasa. Ketika kita sudah benar-benar berada pada tataran pemahaman spiritual, yang melampaui tataran indera-indera, pikiran maupun kecerdasan, maka kita sudah berada pada tataran transendental (melampaui hal-hal material). Pengucapan Hare Krishna, Hare Krishna, Krishna Krishna, Hare Hare, Hare Rama, Hare Rama, Rama Rama, Hare Hare ini secara langsung datang dari tataran transendental, melampaui semua tataran yang lebih rendah yakni tataran indera, pikiran dan kecerdasan.
Tidaklah terlalu perlu bagi seseorang untuk memahami bahasa yang menyusun mantra ini. Tidak pula perlu spekulasi atau penyesuaian pada kecerdasan untuk dapat mengucapkan maha-mantra ini. Maha-mantra ini muncul secara otomatis dari tataran spiritual sehingga siapa pun dapat ikut serta dalam vibrasi suara rohani ini, tanpa memerlukan persyaratan apa pun sebelumnya, dan ikut menyanyi serta menari dengan bahagia.
Ucapkanlah Maha-mantra Hare Krishna senantiasa hidup anda akan cemerlang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s