Sapi dan kesehatan

Sapi

Sapi

Bilamana saya merasa senang dan gembira saya bisa memenuhi semua keinginan. Jangan pernah berpikir bahwa saya hanya menyediakan susu saja

Dari sumber Veda:
Dengan suara yang lembut seekor sapi bernama Nandini mengatakan kepada raja Dilip ( yang berasal dari Dynasty Raja Raghu)
na kevalam payasa prasutim ve hi man kam dugham prasannam
Artinya : Bilamana saya merasa senang dan gembira saya bisa memenuhi semua keinginan. Jangan pernah berbikir bahwa saya hanya menyediakan susu saja

Sapi adalah tempat bersemayam para dewa. Dia adalah penjelmaan dari Kamdhenu (pemenuh kebutuhan). Semua para dewa tinggal dalam tubuh sapi. Dia adalah penerima cahaya kemujuran dari semua konstelasi (perbintangan). Dan juga mengandung pengaruh dari semua konstelasi itu. Dimanapun ada sapi maka disana pasti dipengaruhi oleh semua konstelasi yang bertuah, berkat dari semua dewa yang ada disana. Sapi adalah satu-satunya makhluk suci yang memiliki Surya Ketu Nadi ( urat nadi yang menghubungkan dengan matahari) yang melewati tulang punggungnya. Oleh karena itu susu sapi, mentega dan minyak ghee mempunyai warna keemasan. Ini karena urat nadi Surya Ketu, berinteraksi dengan tenaga cahaya matahari yang menghasilkan garam emas di dalam darahnya. Garam-garam itu terdapat pada susu sapi dan semua cairan yang ada dalam tubuhnya, yang dapat digunakan sebagai obat mujarab untuk banyak penyakit.

matrah sarva bhutanam gavah sarv sukh prada
Artinya : Sapi adalah ibu dari semua mahkluk hidup dan memberikan semua kesenangan pada setiap orang

Jika dengan mencoba beberapa racun atau material yang membahayakan masuk ke dalam makanan sapi, dia akan menyerap racun atau material yang mebahayakan tersebut masuk kedalam otot-ototnya. Dia tidak melepaskannya kedalam urin (air kencing). Maka dari itu, urin dan kotoran sapi itu tetap murni dan bebas dari sesuatu yang mengandung racun. Susu sapi sesungguhnya juga merupakan anti-toxin (anti-racun). Urin sapi termasuk dalam “panchgavya”. “Panchgavya” dapat dikatakan sebagai obat dari semua penyakit. Panchagavya dibuat dari lima produk sapi yaitu. Susu, dadih, ghee, urin dan kotoran sapi.

yatvagasthi gatam papam dehe tishthti mamke 
prasnat panchgavyasya dahasagnirivendhnam
Artinya : Dari kulit hingga tulang, apapun penyakit dalam tubuhku, dihancurkan oleh panchagavya yang seperti api yang melalap minyak.

Ayurveda adalah cabang dari Veda, yang berkaitan dengan aspek holistic dari kesehatan yang menggunakan pengobatan herbal. Sehat berarti fisik,mental dan spiritual berada dalam keadaan baik. Dalam Ayurveda hal terpenting dari sapi dan produknya dijelaskan lebih dalam sebagai berikut.

Ayurveda menyebutkan:
gavyam pavitram ca rasayanam ca pathyam ca hrdyam balam buddhi syata
aayuh pradam rakt vikar hari tridosh hridrog vishapaham syata
Artinya : Urin sapi panchgavya adalah obat yang sangat mujarab, baik untuk dikonsumsi, menyehatkan jantung, memberikan kekuatan pada mental dan fisik, serta memperpanjang umur. Juga mampu menyeimbangkan cairan empedu, lendir dan udara. Menghilangkan penyakit jantung dan efek dari racun.

Ribuan tahun yang lalu, orang-orang di India telah menggunakan urin dan kotoran sapi untuk tujuan berbeda dalam kesehariannya dan kegiatan keagamaan. Sangat dianjurkan oleh kitab-kitab suci, dan itu semua suci dan aman untuk digunakan. A. C. Bhaktivedanta Swami Srila Prabhupada (Founder-Acharya of the International Society for Krishna Consciousness – ISKCON), menyebutkan beberapa kali dalam pelajarannya tentang pentingnya dan sesuatu yang bagus yang dapat diperoleh dari urin dan kotoran sapi. Demikian pula, itu semua selalu tersedia kapan dan dimana saja.

Kehebatan dan manfaat urin sapi
Diantara urin, urin sapilah yang terbaik. Pernyataan dalam kitab suci juga mengatakan hal yang sama. Sapi adalah ibu dan kita adalah anak-anaknya. Oleh karena itu, urin sapi sangat bermanfaat. Berikut uraian singkat mengenai manfaat urin sapi:

  • Urin sapi mengandung obat yang mampu membunuh berbagai bakteri, terutama yang menyebabkan penyakit
  • Bedasarkan Ayurveda penyebab dari segala penyakit adalah ketidakseimbangan dalam tiga sifat buruk ( tri-dosas) yaitu mucous, cairan empedu dan udara. Urin sapi dapat menyeimbangkan kembali tri-dosas tersebut, dan penyakit tersebut dapat dikendalikan.
  • Urin sapi dapat memperbaiki fungsi hati. Karena hati berperan dalam pembersihan darah.
  • Dalam tubuh kita terdapat beberapa mikronutrien yang memberikan kekuatan hidup. Mikronutrien ini sebagian besar keluar bersama urin kita. Oleh karena itu terjadilah proses penuaan dalam tubuh kita. Dalam urin sapi terdapat semua elemen-elemen itu yang dapat mengantikan apabila terjadi kekurangan dalam tubuh kita. Maka dari itu urin sapi dapat digunakan sebagai obat anti-ageing (anti-tua)
  • Ketegangan mental (stress berat) dapat merusak system saraf. Urin sapi juga disebut medhya dan hradya, yang berarti memberikan kekuatan pada otak dan jantung. Jadi urin sapi dapat melindungi organ-organ tersebut dari penyakit atau kelainan.

Catatan: Oleh: Jagadananda pandit dasa

This entry was posted in Sapi and tagged .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s