Vegetarian dan Aspek Kesehatan

Banyak alasan seseorang mengubah pola makan dari semula pemakan daging menjadi vegetarian seperti alasan kesehatan, ekonomi, etika, rasa sayang terhadap hewan dan alasan spiritual. Berdasarkan alasan tersebut seseorang bervegetarian dengan berbagai tipe. Bila hanya untuk alasan kesehatan maka ia akan semi-vegetarian, pada dasarnya mengurangi makan daging, ikan dan produknya. Namun bila vegetarian dengan alasan ahimsa (tidak menyakiti sesama mahluk) dan alasan spiritual, maka akan mererapkan vegetarian ketat (strick vegetarian).

Semua orang mengetahui bahwa makan daging bukanlah suatu makanan super, menimbulkan berbagai penyakit seperti kegemukan, hipertensi, penyakit jantung, kanker, alergi, gangguan pencernaan dan lainnya, tapi tidak semua orang mampu menerapkan hidup vegetarian, hal ini karena menyangkut pola hidup dizaman modern, menunjukkan status sosial.

Dr. Made Wardhana

PENDAHULUAN

Pengertian sehat adalah suatu keadaaan kesejahteraan yang sempurna dari fisik, mental spiritual dan sosial bukan hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan. Salah satu faktor penting yang terlibat untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang kita makan sehari-hari mengandung banyak zat gizi atau nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh kita. Makanan yang baik hendaknya memenuhi kebutuhan tubuh akan kalori sebagai sumber energi/tenaga dan nutrisi untuk kelangsungan hidup. Pada perinsipnya makanan mempunyai fungsi sbb:

1. Untuk menyediakan energi atau kalori.

2. Untuk membangun dan memelihara sel dan jaringan tubuh.

3. Untuk mengatur proses metabolisme dalam tubuh.

4. Untuk mekanisme pertahanan tubuh.

Fungsi organ tubuh kita dapat bekerja dengan baik apabila makanan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tubuh yaitu nutrisi yang terdapat dalam makanan, seperti; karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta air. Dalam semua fungsi di atas fungsi suplai kalori haruslah dipenuhi terlebih dahulu sebelum fungsi yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan kalori dibutuhkan nutrien yang berasal dari karbohidrat, lemak dan protein. Sedangkan protein juga dapat dipakai sebagai sumber kalori jika kalori yang diberikan oleh karbohidrat dan lemak tidak mencukupi. Pada keadaan ini protein mengesampingkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Fungsi lainnya yaitu membangun dan memelihara sel dan jaringan tubuh dilaksanakan nutrien yaitu air, protein, mineral. Fungsi mengatur proses metabolisme dalam tubuh dilaksanakan oleh semua nutiren kecuali karbohidrat. Vitamin adalah nutrisi yang diperlukan dalam jumlah kecil dan harus didatangkan dari luar tubuh kecuali vitamin K, Biotin, Folat, B12 dapat disinitesa oleh mikroorganisme di saluran pencernaan.

Kebutuhan Kalori

Kalori sangat diperlukan oleh tubuh untuk aktivitas fisik dan proses dalam tubuh manusia seperti sirkulasi darah, denyut jantung dan proses metabolisme tubuh. Seorang pria dewasa membutuhkan kurang lebih 2400 kalori per hari untuk ini pemenuhan kalori ini nutrien berasal dari :

Karbohidrat = 60% dari 2400 kal = 1440 kalori (1 gram karbohidrat mengandung lk 4 kal.), protein = 15 % dari 2400 kalori = 360 kalori (1gram protein menghasilkan lk 4 kal) dan dari lemak = 25% dari 2400 kalori = 600 kalori (1 gram lemak menghasilkan lk 9 kal).

Kebutuhan akan kalori pada setiap orang berbeda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti : aktivitas/pekerjaan, luas permukaan tubuh, berat badan, jenis kelamin, umur, kehamilan, keadaan emosi, penyakit, temperatur lingkungan dan lain-lainnya.

Karbohidrat

Karbohidrat(KH) merupakan sumber utama kebutuhan enersi/kalori manusia. Bahan makanan sumber KH adalah ; padi-padian(serealia), umbi-umbian. Didalam tubuh KH akan mengalami metabolisme menjadi berberapa jenis gula seperti glukosa yang paling penting dalam tubuh. Gangguan metabolisme glukosa dapat menimbulkan penyakit seperti hiperglisemi (kadar glukosa meningkat), penyakitnya disebut diabetes melitus, atau bisa juga hipoglisemi (kadar glukosa menurun). Bila KH yang dimakan melebihi kebutuhan tubuh maka akan disimpan dalam hati, otot dan jaringan lemak dibawah kulit. Bila suatu saat kebutuhan meningkat maka simpanan tersebut akan dibongkar kembali.

Protein

Menurut Harper, Deaton dan Driskel susunan tubuh orang dewasa terdiri atas ; air 63 %, protein 17 %, lemak 13 %, mineral 6 % dan karbohidrat 1%. Protein mempunyai fungsi untuk memelihara dan pertumbuhan jaringan tubuh, pengatur proses metabolisme tubu dan memberikan kebutuhan enersi jika tidak dipenuhi oleh KH dan lemak. Dalam pencernaan protien yang kita makan dipecah menjadi satuan-satuan dasar kimia yaitu asam amino. Satu molekul protein terdiri dari puluhan jenis asam amino. Asam-asam amino ini dapat berasal dari makanan yang kita makan atau merupakan hasil perombakan dari protein jaringan tubuh. Asam amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh dan harus disuplai dari makanan disebut asama amino esensial dan asam amino yang dapat dibentuk oleh tubuh disebut asam amino non-esensial. Sumber utama protein adalah biji-bijian, susu, mentega, daging/hewani, dll.

Lemak

Lemak dibentuk dari satuan-satuan kimia yang disebut asam lemak, yang dapat berupa saturated (lemak jenuh), berasal dari hewani dan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lemak unsaturated (lemak tak jenuh) berasal dari nabati seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak goreng nabati. Peningkatan jumlah kolesterol dalam darah berkaitan dengan peningkatan resiko penyakit janutng atau arteriosklerosis.

Lemak saturated umumnya adalah lemak hewani dan berbentuk padat pada suhu kamar. Butter, lemak bai, minyak sapi, dan lemak daging. Lemak unsaturated berbentuk cair dalam suhu kamar, berasal dari tumbuhan, walaupun minyak ikan juga kaya dengan asam lemak unsaturated. Lemak memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Sebagai sumber energi, lemak mengandung vitamin A, D, E, dan K. Lemak juga penting bagi pembentukan membran sel dan pembentuk berbagai hormon.

Vitamin

Banyak sekali jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh secara umum dapat dibagi atas 2 jenis : viatamin yang larut dalam air (vit. B dan vit. C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vit. A, D, E, K). Setiap vitamin mempunyai fungsi tersendiri dan mutlak dibutuhkan oleh tubuh dan bersumber dari berbagai sayuran dan buah yang segar, kecuali vit. B12 didapat dari hewan atau produk hewani seperti susu,keju dan yogurt.

Mineral

Mineral merupakan zat/senyawa anorganik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan, pemeliharaan jaringan dan juga untuk metabolisme. Ada dua kelompok mineral dalam tubuh. Pertama mineral yang jumlah relatif banyak seperti (makromineral); kalsium, fosfor, magnesium, kalium dan kedua mineral yang jumlahnya sangat sedikit (mikromineral) seperti ; kromium, selenium, iodium, besi(ferum), seng(zink) dll.

Tabel dibawah ini menunjukkan kebutuhan pokok zat gizi serta sumbernya :


KEBUTUHAN POKOK NUTRISI DAN FUNGSINYA

FUNGSI SUMBER
Nabati Hewani/Produknya
1. Karbohidrat

Sumber energi(tenaga)

Beras, gandum, jagung, ubi-ubian, buah

2. Protein

Pertumbuhan, memelihara jaringan tubuh, mengatur proses metabolisme tubuh, sumber tenaga, pembentuk zat kekebalan, hormon, enzim.

Kacang, biji-bijian

Semua daging, telor, susu, keju.

Asam amino esensial

Tidak dapat dibentuk oleh tubuh dan harus didapat dari makanan

Kacang, biji-bijian

Semua jenis daging, telor, susu, keju.

3. Lemak

Cadangan enersi, pengatur metabolisme tubuh

Kelapa, kedelai

Keju, susu, daging

Kolesterol – LDL

Untuk membentuk hormon

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Daging, telor, keju

Kolesterol – HDL

Mencegah risiko penyakit jantung

Kacang, bijian

Minyak ikan

Lemak Jenuh

Meningkatkan risiko penyakit jantung. Meningkatkan kolesterol

Daging, telor, keju

Lemak tak jenuh

Menurunkan kadar kolesterol

Kacang, bijian,

Minyak ikan

4. Vitamin

Membantu proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh

Buah-buahan, sayur-sayuran, wortel

Vit. B1

Untuk saraf, anti beri-beri

Kacang, biji-bian, kentang

Daging, ikan, susu

Vit. B12

Membentuk sel darah merah,

Sedikit

Hati, ginjal, susu, keju, yogurt.

Vit. C

Mencegah sariawan, mempercepat penyembuhan luka.

Sebagai antioksidan, detoksifikasi karsinogen,

Banyak pada sayur dan buah segar

Vit. A, Beta karoten

Memelihara kulit/epitel

Menghambat proses penuaan, mencegah kanker dan peny. Jantung

Sayur, buah warna kuning, wortel

Vit. D

Pertumbuhan tulang

Vit. E

Antioksidan dapat menghambat radikal bebas. Meningkatkan kekebalan

Sayuran, buah segar

Vit. K

Faktor pembekuan darah

Semua sayur, kacang

5. Mineral (senyawa anorganik)

Untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan. Metabolisme

Hampir semua jenis makanan dari nabati

Rendah

Kalsium

Pertumbuhan tulang,

Kedele, kubis, brokoli

Ikan laut/produk,

Susu

Selenium

Antioksidan, fungsi jantung

Biji-bijian, beras merah

Daging, telor, susu

Besi

Distribusi oksigen,Pembentuk sel darah

Sereal, sayur, kacang

Daging, hati, telor

Kalium

Untuk keseimbangan cairan

Semua buah-buahan

Daging, susu

Yodium

Untuk produksi tiroksin, mencegah gondok

Lumut laut,

Ikan laut

6. Serat

Menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan

Buah, biji-bijian


PENGERTIAN VEGETARIAN

Vegetarian adalah pola hidup yang berpantang terhadap segala makanan yang berasal dari mahluk hidup (bernyawa) seperti segala macam daging, ikan dan telor.

Vegan : tidak mengkonsumsi daging, ikan telor dan produknya.Ove-lacto vegetarian : vegetarian yang masih mengkonsumsi susu dan telor.Ovo-vegetarian : vegetarian yang masih mengkonsumsi telor.

Lacto-vegetarian : masih mengkonsumsi susu dan produknya.

Banyak alasan seseorang mengubah pola makan dari semula pemakan daging menjadi vegetarian seperti alasan kesehatan, ekonomi, etika, rasa sayang terhadap hewan dan alasan spiritual. Berdasarkan alasan tersebut seseorang bervegetarian dengan berbagai tipe. Bila hanya untuk alasan kesehatan maka ia akan semi-vegetarian, pada dasarnya mengurangi makan daging, ikan dan produknya. Namun bila vegetarian dengan alasan ahimsa (tidak menyakiti sesama mahluk) dan alasan spiritual, maka akan mererapkan vegetarian ketat (strick vegetarian).

Semua orang mengetahui bahwa makan daging bukanlah suatu makanan super, menimbulkan berbagai penyakit seperti kegemukan, hipertensi, penyakit jantung, kanker, alergi, gangguan pencernaan dan lainnya, tapi tidak semua orang mampu menerapkan hidup vegetarian, hal ini karena menyangkut pola hidup dizaman modern, menunjukkan status sosial.

Seperti pada tabel diatas, semua zat gizi/nutrisi yang terdapat pada daging/ikan telah ada pada semua makanan yang bersumber dari nabati(tumbuhan), bahkan beberapa zat yang terdapat pada daging tidak diperlukan oleh tubuh dan justru membahayakan seperti asam lemak jenuh, toksin yang dikeluarkan oleh daging dll.

Bervegetarian berarti memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayur yang berguna untuk memelihara sel dan jaringan tubuh dan memperlancar proses pencernaan. Tinja merupakan racun bagi kita bila terlalu lama di dalam rectum (bagian akhir usus manusia yang menampung tinja) maka racun tersebut dapat dibsorbsi kembali ke dalam tubuh. Tentu saja racun ini mempunyai efek bagi tubuh seperti kita mejadi lemas, lesu, tidak kosentrasi, gelisah, dan lain sebagainya. Bervegetarian berarti juga menghilangkan konsumsi lemak jenuh (penyebab penyakit koroner) yang terdapat pada lemak hewani dan memasukkan lemak tak jenuh banyak di tumbuhan yang tidak berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Dalam suatu diskusi tentang vegetarian sering sering muncul beberapa pertanyaan seperti ; apakah makanan manusia yang sebenarnya ?, apa kerugiannya bila makan daging ?, bukankah hewan diciptakan untuk di makan ?, banyak lagi pertanyan sejenis yang pada dasarnya sering memojokkan para vegetarian.

Bila kita perhatikan dengan cermat hewan atau mahluk yang ada dibumi ini berdasarkan jenis makanannya ada du tipe yaitu, pertama hewan pemakan daging(carnivora) dan hewan non pemakan daging(herbivora). Scara anatomis, fisiologis sangat berbeda dan bandingkan dengan manusia, dikelompok yang manakah manusia berada ?. Pada tabel dibawah ini kita akan melihat secara jelas bahwa manusia sebenarnya termasuk kelompok non pemakan daging. Para sarjana biologi didunia sepakat bahwa manusia adalah pemakan makanan dari nabati(tumbuh-tumbuhan). Sejarah para maharsi, nabi-nabi besar dari berbagai agama, para acharya agung, jaman dahulu juga tidak pernah memakan daging dan tidak pernah menganjurkan kepada umatnya untuk makan daging. Demikian juga pada kitab-kitab suci agama apapun melarang melakukan pembunuhan kepada semua mahluk.

Namun fakta yang ada sekarang sudah jauh berbeda, hewan sudah menjadi lahan untuk diekploitasi, daging menjadi makanan sumber protein utama, dan merupakan makanan yang bergensi dizaman peradaban modern ini. Berdasarkan penjelasan singtak diatas jelas bahwa makanan manusia adalah berasal dari nabati, perhatikan tabel dibawah ini.

Carnivora

Herbivora

Manusia

1

Berkuku tajam untuk mencakar.

Tidak mencakar.

Tidak mencakar.

2

Kulit tidak berpori, keringat melalui lidah.

Berkeringat melalui pori kulit.

Berkeringat melalui pori kulit.

3

Gigi depan tajam, untuk merobek daging.

Gigi depan tidak tajam.

Gigi depan tidak tajam.

4

Kelenjar liur di mulut kecil, tidak dibutuhkan untuk mencerna makanan pendahuluan.

Kelenjar ludah berkembang sempurna.

Kelenjar ludah berkembang sempurna.

5

Liur bersifat asam, tidak ada enzim ptyalin.

Air liur bersifat alkali, banyak enzim ptyalin.

Air liur bersifat alkali, banyak enzim ptyalin.

6

Tidak bergigi geraham

Bergigi geraham

Bergigi geraham

7

Asam klorida (HCl) lambung keras, banyak.

Asam lambung 1/20 kali dari pemakan daging.

Asam lambung 1/20 kali dari pemakan daging.

8

Panjang usus 3 x panjang badan, makanan cepat keluar.

Panjang usus 10-12 X panjang badan.

Panjang usus 10-12 X panjang badan.

9

Lidah panjang menjulur.

Lidahnya pendek

Lidahnya pendek

10

Minum air dengan menjilatkan lidahnya.

Minum dengan mengisap.

Minum dengan mengisap.

11

Gerakan rahang, nauk- turun.

Gerakan rahang bisa naik-turun dan kesamping.

Gerakan rahang bisa naik-turun dan kesamping.

DAGING BUKAN MAKANAN YANG SUPER

Mitos tentang daging sebagai sumber gizi yanag baik tidak dapat dibantah lagi dan merupakan beradaban modern sebagai status sosial, walaupun semua orang mengetahui bahwa dengan kebiasaan makan daging dapat menyebabkan berbagai penyakit, namun kepentingan lidah lebih diutamakan. Perilaku tersebut sangat sulit untuk diubah seperti halnya kebiasaan merokok, kebiasaan meneguk alkohol, kebiasaan berjudi dan banyak lagi perilaku yang bertentangan dengan kaidah kesehatan dan moral. Di Amerika, penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor satu, dan 70-80 % kematian tersebut dapat ditekan dengan menerapkan pola hidup vegetarian. Kini banyak majalah ilmiah dan persatuan akhli gizi untuk menjauhkan diri dari makan daging, karena telah mengetahui kelemahan daging dari aspek nilai gizinya antara lain seperti dibawah ini :

1. Daging tidak mengandung serat, telah diketahui bahwa serat dapat memperlancar pencernaan dan menyerap air lebih banyak sehingga konsistensi kotoran tetap lembek, serat juga mengikat banyak lemak dan karsinogen(penyebab kanker).

2. Daging terlalu banyak lemak jenuh/kolesterol sehingga risiko penyakit jantung, hipertensi dll. sangat tinggi.

3. Vitaminnya sangat sedikit.

4. Daging sangat mudah terjadi pembusukan dengan berbagai akibatnya.

5. Daging sebagai media tumbuhnya bakteri/kuman.

6. Dengan tehnik pengolahan, banyak daging tercemar oleh toksin/racun.

7. Daging tidak memberikan enersi yang siap pakai.

8. Hasil metabolisme protein yang berasal dari hewani akan mengeluarkan amonia sangat tinggi akan membebani organ pembuangan tubuh seperti ginjal dan liver.

9. Pada daging sering didapatkan cacing dan parasit lainnya, yang sangat berbahaya bagi manusia.

10. Daging secara umum eraat kaitannya dengan beberapa penyakit seperti : Osteoporosis/pemanpatan pembuluh darah, batu ginjal dan batu empedu, diabetes/kencing manis, athritis/sakit sendi, penyakit gusi, dll.

FAKTA ILMIAH TENTANG VEGETARIAN

· Dr. Owens S. Parrett

Setelah mempelajari secara ilmiah dan menyelidiki sebab-sebab penyakit dalam hubungannya dengan tubuh manusia selama bertahun-tahun, saya berkeyakinan penuh, andaikan selama hidup saya ini, saya makan daging, saya akan menjadi terlalu tua saat ini untuk meneruskan pekerjaan saya praktek dokter. Sesungguhnya, setelah mempelajari penyakit-penyakit hewan di laboratorium-laboratorium dan setelah meneliti diet daging pada pasien-pasien saya selama bertahun-tahun ini, sungguh sukar bagi saya untuk menikmati daging lagi.

· Dr. William Robert

Bersamaan dengan berkembangnya makan daging, penyakit kanker juga berkembang pesat.

· Dr. Jean Mayer (ahli gizi Universitas Harvard)

Diet vegetarian cukup memenuhi persyaratan kesehatan. Lebih dari itu dapat membuat wanita lebih segar, lebih langsing dan lebih ramping. Vegetarian membuat orang hidup bergairah, sehat, kuat, tenang, berwajah jernih dan lebih awet muda.

· Dr. Betty Lee Moralis (President Cancer Control Society, Amerika)

Penyembuhan kanker dapat dilakukan dengan memakan makanan alamiah, nasi, beras merah, biji-bijian dan buah-buahan yang semuanya ditanam di daerah yang jauh dari pencemaran industri, tidak menggunakan pupuk buatan dan pestisida.

· Toniolo P, dkk. Epidemiology 1994 Jul;5/4

Meningkatnya konsumsi daging dan lemak semakin meningkat pula risiko terkena kanker payudara.

· Hebbelinck M, dkk. Am J of Clinical Nutrition 1999; vol 70/3

Anak-anak yang vegetarian mempunyai berat badan relatif lebih rendah daripada non-vegetarian, tetapi kemampuan jantung dan pernafasan lebih baik daripada anak non-vegetarian dan pertumbuhan serta kematangannya tidak ada perbedaan antara anak vegetarian dan non-vegetarian.

· Key T. dkk. British Med Journal 1996:313

Mengkonsumsi lebih banyak buah segar/vegetarian mempunyai risiko lebih rendah terserang penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskuler(stroke) dll.

· Nathan I dkk. European J of Clin Nut 1997, vol 51/1

Perkembangan anak yang vegetarian sama dengan perkembangan anak yang non-vegetarian.

· Main result from the Oxford Vegetarian Study (www.ivu.org/oxveg/Publications)

Angka kematian dan kesakitan pada vegetarian lebih rendah dari masyarakan umum, operasi usus buntu pada vegetarian risikonya 50 % lebih rendah dibandingkan masyarakat non-vegetarian, diet vegetarian mempunyai perlindungan terhadap risiko penyakit jantung.

· Vegetarian society

(www.vegsoc.org/info/health3.html)Vegetarian mempunyai risiko jauh lebih rendah terkena kanker usus daripada non-vegetarian, hal ini ada hubungannya dengan kandungan serat pada diet. Diet vegetaraian mempunyai perlindungan terhadap kanker payu dara dan juga beberapa jenis kanker. Diet vegetarian mempunyai risiko jauh lebih rendah terhadap batu ginjal, batu empedu dan osteoporosis.

· Annie Lennox

Bagi saya jelas sekali bahwa binatang-binatang yang sedang disembelih dalam jumlah yang mengerikan berjuta-juta. Kita jijik terhadap pembunuhan, tetapi entah karena apa kenyataan (pembunuhan) demikian belum dirasa oleh masyarakat umum bahwa binatang-binatang sedang menderita di tangan kita sendiri dalam keadaan yang paling mengerikan.

TOKOH-TOKOH YANG VEGETARIAN

Nabi-Nabi besar/Maharsi/Pengemban misi keagamaan

1. Narada Muni, Vyasa Deva serta garis perguruan rohani beliau.

2. Acarya besar; Sankaracarya, Svami Sivananda, Madhvacarya, Yamunacaryua, Ramanujacarya dll.

3. Sidarta Gautama

4. Yesus Kristus (www.jesusveg.com)

5. www.islamveg.com

5. Sri Caitanya Mahaprabhu

6. Srila Parbhupada

6. Dalai Lama

7. Dan banyak lagi.

Filsuf/penulis/tokoh politik terkenal

1. Aristoteles(filsuf)

2. Plato, Socrates, Pytagoras,

3. Albert Einstein (scientist)

4. Isac Newton (akhli fisika)

5. Mahatma Gandhi

6. Martin Luther (tokoh reformasi protestan)

7. Mahapatih Gajah Mada

8. Leonardo da Vinci (pelukis terkenal)

9. Beyamin Franklin

10. Charles Darwin

11. Rabindranath Tagore

12. Dan banyak lagi

Artis/atlet terkenal

1. Murray Rose, Perenang dengan meraih tiga kali medali emas

2. A. Anderson, pengangkat berat dari Austria dengan memenangkan banyak rekor dunia.

3. Bill Walton, pebasket dari Amerika

4. Carl Lewis, Pemenang lari olimpiade 96, dari Amerika

5. Robert de Costella, Pemenang lari maraton dari Australia

6. Paul dan Linda Mc Cartney, George Harison (anggota The Beatles)

7. Annie Lennox

8. Dan banyak lagi

(lihat juga di www.ivu.org/people )

2 comments on “Vegetarian dan Aspek Kesehatan

  1. srinath says:

    Saya sangat terkesan dengan dengan ulasan mengenai vegetarian dipandang dari sudut Agama.
    Namun , sangatlah banyak saya temukan kehidupan
    beragama di Bali (adat) sampai sekarang masih menggunakan persembahan berupa daging (ayam,babi,bebek), dan bahkan dengan alasan untuk menjaga keselamatan dunia, mereka rela mengorbankan ajaran luhur Ahimsa tersebut dengan memotong hewan (Sapi/Kerbau) dengan cara menyiksa,melukai hewan dan mengambil darahnya saat masih hidup meronta-ronta dan menenggelamkan ke laut saat masih Hidup. Bukankah hal tersebut sangat bertentangan dengan ajaran Ahimsa dan membuat jarak yang lebih jauh dengan TUHAN sebagai sumber kehidupan?.
    Bila Saudara mempunyai pandangan sama dengan saya, mohon kiranya kebiasaan2 /adat tersebut bisa diulas dan diberikan pandangan yang jelas dan kalau mungkin berikanlah solusi kepada sadara2 kita di Bali untuk melaksanakan Upacara yang B E N A R.
    Saya yakin dengan dasar2 Agama yang saudara miliki sangat banyak , kebijaksanaan yang tinggi , pastilah memiliki akses ke Pejabat tinggi Agama Hindu (Parisadha) sehingga mereka dapat memberikan pencerahan kepada umat Hindu di Bali.

  2. srinath says:

    V E G A N, merupakan aksi dari ajaran AHIMSA mari bersama sama mendukungnya.
    Secara ilimiah , diet Nabati ini dapat menyelamatkan Bumi kita dari pemanasan global. Sesuai data dari peneliti dan NASA, gas rumah kaca yang ada di atmosphere 80% berasal dari peternakan (kotoran hewan,pengolahan daging) dan 20% saja dari karbon dioksida yg dihasilkan oleh industri dan kendaraan.
    Gas yang dihasilkan oleh peternakan adalah Methana dimana gas ini mempunyai kekuatan menyimpan panas 72% lebih kuat dari pada CO2, namun bisa lebih cepat menguap dari atmosphere dari CO2. Jadi, jika saja semua Umat manusia di bumi ini Vegan, gas Neraka tersebut bisa dikurangi dan bumi kita sejuk kembali. Kita tidak perlu mati untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global, cukup hanya jadi Vegetarian, semua akan seimbang kembali. MARI JADI VEGAN, BERTINDAK HIJAU,SELAMATKAN BUMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s