Festival Sri Dämodara

“Selama bulan Kärtika orang hendaknya memuja

Sri Dämodara dan setiap hari membacakan doa Dämodarastaka, yang diucapkan oleh Rsi Satyavrata, doa yang memikat hati Sri Dämodara.”

—(Çré Hari-bhakti-viläsa 2.16.198)

Bulan Kartika atau bulan Damodara adalah bulan yang istimewa. Bulan ini adalah bulan kesayangan Krishna sebab merupakan bulan Srimati Radharani, kekasih kekal Krishna. Srimati Radharani-lah Srimati Kartika Devi, yang melimpahkan bhakti ke dalam hati setiap insan, selama satu bulan penuh pada bulan Kartika ini. Vrata (upaya khusus dalam latihan kehidupan spiritual) apa pun, bahkan yang terkecil sekalipun, akan menuai pahala spiritual yang sangat melimpah pada bulan ini.

Disebutkan di dalam Kitab Padma Purana bahwa hasil dari pelaksanaan Kartika Vrata atau Damodara-puja, bertahan selama seratus kali penjelmaan. Karena itu, di seluruh dunia, Sri Krishna dipuja dengan cara mempersembahkan lampu api minyak ghee, yang merupakan bentuk permohonan tulus dari hati kita agar Sri Krishna memberkati kita dengan rasa bhakti yang dapat melelehkan hati kita dalam kebahagiaan rohani.

Selama bulan ini, Damodarastaka, yakni sebuah lagu yang dikutip dari Kitab Padma Purana, di-nyanyikan setiap hari di rumah-rumah para Vais-nava. Sangatlah bertuah untuk menyanyikan lagu ini dan mempersembahkan lampu api ghee ke-pada Sri Krishna di setiap rumah untuk menyam-but kehadiran Tuhan dan menyambut karunia-Nya dengan tangan terbuka.

Selama upacara suci ini, kisah tentang Sri Damodara dibacakan, yang membang-kitkan di hati kita, cinta suci kita kepada Sri Krishna, yang bersemayam di hati setiap insan sebagaimana dinyatakan di dalam Bhagavad-gita (10.20).

Rasakanlah cinta kasih kepada Sri Krishna dalam lila manis Krishna ini dengan cara membuka hati Anda bagi Tuhan Sri Krishna. Nyalakan dan persembahkan lampu api Damodara-puja dan semoga kemujuran memberkati Anda sepanjang tahun ini.

Damodara-puja, Merayakan Rasa Cinta

yang Mengikat Ibu Yasoda dengan Putranya, Krishna.

Tuhan Sri Krishna memiliki banyak nama seperti Gopal, Madhava, Mukunda, Hrisikesa, Damodara dan sebagainya. Damodara artinya Dia yang bisa diikat hanya dengan tali cinta kasih.

Krishna diikat oleh cinta kasih yang murni sebagai orang tua yang ada pada diri Yasoda, ibu rohani Krishna. Krishna menjadi tunduk pada cinta kasih ibu-Nya se-hingga Krishna bersedia diikat, walau sebenarnya tidak ada tali di dunia ini yang mampu mengikat Tuhan Yang Maha Esa. Cinta yang seperti inilah yang kita harapkan dapat memenuhi hati kita, untuk mengikat Tuhan Sri Krishna selamanya bersama diri kita. Hal ini diuraikan dengan sangat indah di dalam Srimad-Bhagavatam (Bhagavata Purana), yang menyebutkan bahwa walaupun Tuhan lebih hebat dari-pada kita dalam segala hal, Tuhan dikendalikan dan diikat oleh cinta kasih dari penyembah murni-Nya.

Manfaat Merayakan Damodara-puja

Manfaat-manfaat dari melaksanakan Kartika Vrata atau Damodara-puja diuraikan di dalam kitab-kitab Veda. Skanda Purana, Padma Purana dan juga Srimad-Bhagavatam menguraikan bagaimana pelaksanaan Damodara-puja secara benar akan memberi manfaat kepada anggota keluarga berupa hasil sejuta kali lipat dari hasil mengucapkan mantra-mantra, melaksanakan korban-korban suci dan menjalani berbagai pertapaan lainnya.

Segala hal buruk menyingkir dari hati kita, membuat hati kita selembut ghee yang dipersembahkan kepada Sri Krishna dan melelehkan kita dengan bhakti. Meng-agungkan Tuhan di temple/ kuil secara beramai-ramai, di tengah pergaulan para Vaisnava sangatlah menyucikan.

Orang yang memuja Sri Damodara di Vrindavana selama bulan Kartika bahkan sekali saja, mencapai Krishna-bhakti dengan sangat mudah. Hal ini menjadikan bulan Kartika sebagai bulan yang istimewa bagi para peziarah suci di Vrindavana.

Bagi mereka yang tidak berkesempatan untuk pergi ke Vrindavana, Ashram-Ashram ISKCON Srila Prabhupada tidaklah berbeda dengan Vrindavana.

Srila Prabhupada, Acarya-Pendiri ISKCON

Pada usia 69 tahun, Srila Prabhupada melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dengan berbekalkan uang sangat sedikit dan sejumlah buku Srimad-Bhagavatam yang telah beliau terjemahkan dan terbitkan di India, beserta aset paling berharga yang beliau miliki yakni keyakinan yang mantap kepada Sri Krishna dan keyakinan pada perintah guru spiritualnya.

Di Amerika Serikat Srila Prabhupada mendirikan International Society for Krishna Consciousness (ISKCON/ Masyarakat Kesadaran Krishna Internasional) sesuai dengan perintah guru spiritualnya, Sri Srimad Bhaktisiddhanta Saravasti Goswami Maharaj, untuk menghadirkan filsafat kesadaran Krishna dalam bahasa Inggris dan mengajarkan kesadaran Krishna di negara-negara Barat.

Srila Prabhupada bekerja keras untuk membangun kembali kultur Veda dan mem-bangun perkumpulan kesadaran Krishna di seluruh dunia dengan cara mendorong murid-muridnya untuk membuka pusat-pusat pengajaran, dengan cara menerjemahan kitab-kitab suci utama para Vaisnava ke dalam bahasa Inggris dan dengan berkeliling dunia serta mengajarkan dengan sangat aktif. Beliau memperlihatkan melalui teladan beliau sendiri bagaimana seseorang dapat menjalani hidup hanya untuk kepuasan Sri Krishna.

Srila Prabhupada terus-menerus berkeliling dunia untuk memelihara kehidupan bhakti ribuan muridnya. Dalam rentang waktu antara tahun 1966 dan 1977, Srila Prabhupada menerbitkan delapan puluh jilid buku yang masing-masingnya setebal empat ratusan halaman. Srila Prabhupada juga meninggalkan untuk kita ajaran-ajaran dan petuah-petuah beliau dalam bentuk rekaman ceramah-ceramah, perbincangan dan surat-surat kepada murid-muridnya. Saat ini telah ada ribuan pusat ISKCON di seluruh dunia. Sebuah pencapaian yang menakjubkan dalam tempo kurang dari 40 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s