Food for God (Makanan untuk Tuhan)

Ada seorang rekan dekat yang mengirimkan sloka ini, yang dia jadikan sebagai motto untuk dupa karyanya sendiri.

patram puspam phalam toyam
yo me bhaktya prayacchati
tad aham bhakty-upahrtam
asnami prayatatmanah

“If one offers Me with love and devotion a leaf, a flower, fruit or water, I will accept it.” – The Bhagavad Gita (9.26)

Di jaman sekarang sulit sekali menghindari kontaminasi makanan dan pergaulan. Sepertinya kita perlu mendisiplinkan diri dari dalam dengan indah. Jenis makanan ada tiga, dan mungkin sudah sering dibahas, Sattva-guna, Raja-guna dan Tama-guna.

Makanan Sattva-guna sangat baik dikonsumsi karena berguna bagi tubuh dan pikiran. Contoh yang tergolong jenis makanan ini adalah : buah-buahan, susu dan olahannya, padi-padian, berbagai macam sayuran, pemanis alamiah, merica, kemiri, rempah-rempah dan tanaman bumbu.

Makanan dan persiapan untuk membuat makanan adalah sangat penting bagi seorang penyembah Tuhan, karena, tidak hanya mempertimbangkan mengenai vegetarian tetapi juga sebagai pintu gerbang menuju kebebasan yang sebenarnya.

Bila kita mempersembahkan makanan kepada Tuhan, the Supreme Person (Krishna), sebelum kita memakannya, maka itu akan menspiritualkan kesadaran kita dengan mem-fokuskan pikiran kita kepada kualitas yang mengagumkan pada diri Tuhan itu sendiri. Mengapa ? Karena Beliau, secara keseluruhan, adalah sumber dari apa yang kita makan.

Apakah Tuhan membutuhkan makanan ?

Tuhan tidak pernah lapar akan makanan kita, yang Beliau inginginkan adalah sebuah cinta kasih yang tulus sebagai persembahan dari kita.

Tuhan meminta kita untuk melakukan persembahan/offering, bukan karena Tuhan membutuhkan nasi dan sayur-sayuran, tetapi karena Tuhan membutuhkan persembahkan dari kita. Bila penyembahnya memberikan sesuatu dengan cinta kasih, maka Tuhan pasti akan menerimanya

Sloka diatas mengatakan bahwa, bila seseorang mempersembahkan sesuatu kepada Ku dengan cinta dan pengorbanan, selembar daun, bunga, buah ataupun air, maka Aku akan menerimanya.

Pada saat Tuhan meminta kita untuk mempersembahkan makanan, kita harus memahami, bahwa Tuhan sebenarnya mengundang kita untuk membangunkan kembali cinta hubungan abadi kita kepada Nya. Setiap penyembah Tuhan akan mempersembahkan kekayaan, kepintaran, hidupnya dan makanan vegetariannya.

Di temple Krishna, makanan yang di persembahkan dalam ritual khusus, disebut prasadham, yang artinya ‘Mercy of the Lord”, oleh sebab itu, makanan yang kita makan setelah persembahan menjadi sangat berarti kepada pembersihan diri dan peningkatan spiritual kita.

Bhagavad-gita :

“All that you do, all that you eat, all that you offer and give away, as well as all austerities that you may perform, should be done as an offering unto Me.”

Makanan yang dipersembahkan kepada Tuhan adalah suatu bagian integrasi dari Bhakti-Yoga yang dapat membuat makanan tersebut diberkati secara spiritual.

Bagaimana saat kita sedang makan di tempat-tempat umum ? Karena kesibukan tentunya. Kita dapat melakukan persembahan kecil, secara praktis dapat melakukan sebuah ritual sederhana dengan hati yang tulus tentunya dengan makanan vegetarian.

Dengan mengucap : Sri Vishnu, Sri Vishnu, Sri Vishnu

Mantra ini dapat digunakan dimanapun dan dalam keadaan apapun. Nama Tuhan ini dapat diucapkan dengan tangan dicakupkan dan penyerahan hati secara murni, seperti kita bermeditasi,  di hadapan makanan yang akan kita persembahkan kepada Tuhan.

Tuhan hanya mau menerima persembahan berupa buah, air, daun, dan bunga dengan tulus iklhas, makanan tersebut akan disucikan. Tetapi bila makanan tidak dipersembahkan lebih dahulu maka dianggap sebagai pencuri atau makan dosa.

 

Mensana in Corpore Sano, artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, atau ada yang mengatakan, akal yang sehat terdapat di tubuh yang sehat. Seseorang yang spiritualnya sehat, akan memilih makanan yang sehat untuk sang jiwa. Makanan tidak hanya untuk pemenuhan nutrisi dan gizi untuk tubuh, tetapi juga makanan yang sehat untuk spiritual kita.

This entry was posted in Artikel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s